Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Steak Ayam Krispi Rumahan yang Rasanya ala Restoran

Resep Steak Ayam Krispi Rumahan yang Rasanya ala Restoran

steak ayam krispi

Resep steak ayam krispi

Resep Steak Ayam Krispi Rumahan yang Rasanya ala Restoran

Resep steak ayam krispi juga bisa Anda buat dan masak sendiri di rumah. Rasanya juga tidak kalah enaknya dengan yang dijual di warung atau rumah makan.

Asalkan pemilihan bahan dan cara memasak steaknya benar-benar direkomendasikan. Terutama pada pembuatan adonan tepung serta memasak ayamnya, sehingga rasa krispi sangat terasa saat digigit.

Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai steak ayam krispi.  Apalagi dikombinasikan dengan saus lada hitam, saus BBQ, atau yang lainnya.

Selain itu, jangan lupa menghidangkannya dengan kentang, wortel, dan buncis rebus. Lalu, bagaimana resep steak ayam krispi selengkapnya yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 400 gram daging ayam fillet bagian dada tanpa tulang
  2. 1 sendok teh bawang putih bubuk
  3. 1 sendok teh garam
  4. ½ sendok teh merica bubuk
  5. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk saus jamur

  1. 1 kaleng jamur kancing dibelah 3 bagian
  2. ½ butir bawang bombay diiris memanjang
  3. 2 siung bawang putih digeprek
  4. 400 ml air kaldu ayam
  5. 1 sendok makan kecap manis
  6. 2 sendok makan saus tomat
  7. 1 sendok makan kecap Inggris
  8. 2 sendok makan saus tiram
  9. 1 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan sedikit air
Baca Juga :  Memasak Resep Oseng Mercon yang Rasanya Pedas Menyengat di Rumah

Bahan untuk adonan tepung pelapis

  1. 300 gram tepung terigu
  2. 60 gram maizena
  3. 1 sendok teh baking powder
  4. 1 sendok teh bawang putih bubuk
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 2 butir telur ayam diambil putihannya saja lalu dikocok lepas

Bahan pelengkap

  1. 1 buah wortel direbus lalu dipotong memanjang
  2. 1 helai buncis direbus lalu dipotong-potong kecil
  3. 1 buah kentang dikupas, direbus, lalu dipotong memanjang

Cara memasak steak ayam krispi

Setelah semua bahan diatas sudah lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep steak ayam krispi dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air, lalu rebus hingga mendidih dan mengeluarkan busa. Buang busanya dan angkat daging ayamnya. Adapun sisa air rebusannya jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak.
  2. Iris tipis dan melebar daging ayam. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah baskom, lalu campur dengan bawang putih bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk merata dan simpan di dalam kulkas sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah baskom lagi lalu masukkan semua bahan adonan tepung pelapis ke dalamnya, kecuali putih telur. Aduk merata.
  4. Sementara itu, siapkan juga putih telur yang sudah dikocok lepas. Lalu, ambil irisan ayam dan masukkan ke dalam putih telur. Setelah itu, guling-gulingkan ke dalam adonan tepung pelapis hingga merata. Lakukan langkah tersebut untuk seluruh irisan daging hingga habis.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng irisan ayam. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan irisan daging ayam yang sudah dilumuri adonan tepung ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan semua sisinya. Jadi, jangan lupa membolak-balikkannya agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Langkah berikut membuat saus jamur. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  7. Tambahkan jamur kancing, kecap manis, saus tomat, saus Inggris, saus tiram, dan air kaldu. Aduk merata dan masak di atas kompor kecil saja.
  8. Bumbui dengan garam, merica bubuk, dan gula pasir, lalu aduk merata. Setelah itu, tambahkan larutan maizena dan aduk hingga kuahnya mengental. Silahkan mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas dan matang, matikan kompor.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan ayam krispi yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan potongan kentang, buncis, dan wortel. Setelah itu, tuangkan saus jamus secukupnya diatasnya.
Baca Juga :  Lagi Lapar? Masak Saja Resep Mie Goreng Seafood yang Mudah

Akhirnya, resep steak ayam krispi selesai dimasak dan siap disantap. Dijamin rasanya mantul dan tidak kalah dengan buatan warung atau rumah makan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan