Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kari Ayam Merah, Kuliner Khas Thailand yang Pedas Menyengat

Resep Kari Ayam Merah, Kuliner Khas Thailand yang Pedas Menyengat

Resep Kari Ayam Merah1
Lazada

Resep kari ayam merah

Resep kari ayam merah merupakan kuliner berkuah berasal dari negara Thailand. Warna karinya yang merah seakan menandakan bahwa rasanya benar-benar pedas.

Memang benar, masakan berkuah asal Thailand, seperti sup, mie, atau sejenisnya memang identik dengan rasa pedas gurih. Hal itu dikarenakan banyak rempah yang dimasukkan ke dalam bumbunya.

Anda yang penasaran dengan rasa kari ayam khas Thailand ini tidak perlu jauh-jauh pergi kesana. Silahkan membuat dan memasaknya di rumah dengan bahan serta bumbu yang dapat ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Untuk lebih jelas dan detail perihal resep kari ayam merah tersebut, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan untuk ayam

  1. 500 gram daging ayam segar fillet
  2. 400 ml santan
  3. 150 gram irisan rebung
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 2 sendok makan kecap asin
  6. 1 sendok teh asam Jawa dilarutkan dengan 3 sendok makan air
  7. 1 sendok teh gula Jawa
  8. 1 genggam daun kemangi segar
  9. 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu untuk kari merah

  1. 10 buah cabai rawit merah
  2. 10 buah cabai merah keriting
  3. 1 sendok teh asam Jawa
  4. 8 butir bawang merah dicincang halus
  5. 5 siung bawang putih dicincang halus
  6. 3 cm jahe diiris tipis
  7. 1 buah batang serai dipotong kecil
  8. 5 lembar daun ketumbar dicincang kasar
  9. ½ sendok teh lada bubuk
  10. ½ sendok teh terasi
  11. ½ sendok teh jintan
  12. ½ sendok teh ketumbar bubuk
  13. ½ buah paprika merah dipotong-potong

Cara memasak kari ayam merah

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kari ayam merah dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan dulu.
  2. Langkah selanjutnya, yaitu membuat bumbu kari merah. Silahkan merendam semua cabai dengan air panas sekitar 30 menit. Setelah 30 menit, ambil semua cabai dan masukkan ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan semua bahan kari merahnya ke dalam cobek atau chopper satu per satu, lalu haluskan semuanya hingga tercampur rata.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu kari merah hingga harum.
  5. Tuangkan santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Silahkan Anda aduk perlahan secara terus menerus agar semua bumbu dan santan tercampur serta tidak pecah.
  6. Setelah itu, masukkan potongan aua, rebung, dan daun jeruk. Aduk merata. Jangan lupa bumbui dengan kecap asin, larutan air asam Jawa, dan gula Jawa. Aduk merata lagi.
  7. Masak hingga mendidih dan kuah santannya sedikit menyusut. Pastikan ayam sudah matang dan empuk. Selain itu, pastikan juga rasa masakannya juga sudah sesuai selera Anda. Oleh karenanya, silahkan mencicipinya sedikit. Sebelum mematikan kompor, tambahkan daun kemangi dan aduk sebentar.
  8. Setelah benar-benar matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan. Siapkan sebuah mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan masakan kari ayam merah yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda juga boleh menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya agar lebih mengenyangkan perut.

Langkah-langkah memasak resep kari ayam merah diatas bisa Anda praktikkan sekarang juga di rumah. Meskipun berasal dari Thailand, tetapi citarasanya bisa disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Lihat video membuat Resep Kari Ayam Merah

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version