Lompat ke konten
Home » Video » Kusuma Agrowisata batu, Fasilitas, Harga dan Manfaat

Kusuma Agrowisata batu, Fasilitas, Harga dan Manfaat

Kusuma Agrowisata batu (1)

Wisata Kusuma Agrowisata batu

Sekilas Tentang Wisata Agrowisata Batu Kusuma

Agrowisata Batu Kusuma merupakan destinasi wisata populer di Kota Batu, Indonesia yang menawarkan pengalaman agrowisata yang unik[1]. 

Didirikan pada tahun 1991, merupakan salah satu pionir agrowisata di Indonesia[2]. Atraksi utama yang ditawarkan di tempat ini adalah wisata petik buah, dimana pengunjung dapat memetik berbagai buah-buahan antara lain apel manalagi, jambu kristal, jeruk valencia, jeruk keprok, naga merah, dan masih banyak lagi[3]. 

Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu, dan pengunjung dapat menikmati indahnya panorama alam pegunungan sambil menjelajahi kebun buah[4].

Agrowisata Batu Kusuma menawarkan berbagai fasilitas untuk menjamin pengunjung mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan[5]. 

Merupakan satu-satunya agrowisata di Indonesia yang memiliki fasilitas hotel sehingga memberikan pengalaman unik bagi pengunjungnya[2]. 

Fasilitas hotel dirancang untuk memanjakan pengunjung, dengan kolam renang, kamar ber-AC, dan sarapan lezat[5]. 

Selain itu, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti outbond, Flying Fox, ATV, fun fishing, pony house ride, airsoft gun, motor cross fun ride, kereta mini, dan meja billiard[6].

Pengunjung Agrowisata Batu Kusuma dapat menikmati berbagai aktivitas selama menginap[7]. 

Selain wisata petik buah, pengunjung juga bisa menikmati bermain di waterpark tersebut[7]. 

Taman air ini menawarkan berbagai aktivitas air untuk pengunjung segala usia, menjadikannya tempat yang bagus untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Taman ini dilengkapi dengan berbagai atraksi air, antara lain seluncuran air, kolam arus, dan kolam ombak. 

Pengunjung juga dapat menikmati aktivitas lain seperti berkemah, hiking, dan menjelajahi alam sekitar yang indah[7]. 

Secara keseluruhan, Agrowisata Batu Kusuma menawarkan pengalaman agrowisata yang unik dan menyenangkan, memberikan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi alam sekitar yang indah sambil menikmati berbagai aktivitas dan fasilitas yang menyenangkan.

Manfaat mengunjungi Wisata Agrowisata Batu Kusuma

Mengunjungi Wisata Agrowisata Batu Kusuma menawarkan banyak manfaat pendidikan, menjadikannya tujuan ideal bagi pelajar dan siapa pun yang tertarik untuk belajar tentang pertanian dan hortikultura[10]. 

Baca Juga :  Wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Para tamu dapat berpartisipasi dalam kegiatan seperti wisata memetik apel dan jambu biji, pembuatan jus, dan presentasi proses produksi[5]. 

Kegiatan-kegiatan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan langsung tentang industri pertanian, meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses produksi pangan. 

Selain itu, pengunjung dapat mempelajari berbagai jenis buah dan sayuran yang ditanam di wilayah tersebut, nilai gizinya, dan kegunaannya dalam masakan tradisional Indonesia. 

Melalui pengalaman edukasi ini, pengunjung dapat memperoleh apresiasi yang lebih besar terhadap pentingnya pertanian berkelanjutan dan perannya dalam mendukung masyarakat lokal[11].

Wisata Agrowisata Batu Kusuma mempromosikan keberlanjutan dan mendukung masyarakat lokal dengan melibatkan mereka dalam perencanaan dan pengelolaan kegiatan pariwisata[12][13]. 

Pariwisata berbasis komunitas (CBT) dianggap sebagai alternatif pengembangan pariwisata yang lebih bermanfaat bagi masyarakat lokal dan menjamin keberlanjutan [14]. 

Dengan melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan pariwisata, Agrowisata Batu Kusuma mendukung perekonomian lokal dan memberikan kesempatan bagi anggota masyarakat untuk menampilkan budaya dan tradisi mereka. 

Pengunjung dapat membeli hasil bumi lokal, kerajinan tangan, dan souvenir lainnya, yang secara langsung mendukung perekonomian lokal.

Aktivitas berbasis alam di Agrowisata Batu Kusuma menawarkan banyak manfaat kesehatan, memberikan istirahat yang menyegarkan dari stres kehidupan sehari-hari[15]. 

Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres dan kecemasan[11]. 

Aktivitas seperti berjalan-jalan di taman, memetik buah, dan menghirup udara segar dapat meningkatkan aktivitas fisik, yang penting untuk menjaga kesehatan. 

Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar yang dapat memberikan efek menenangkan dan memulihkan pikiran dan tubuh. 

Dengan mengedepankan kesehatan dan kesejahteraan, Wisata Agrowisata Batu Kusuma menawarkan pengalaman perjalanan yang unik dan holistik yang bermanfaat bagi individu dan masyarakat.

FAQ

Q: Apa itu Agrowisata Batu Kusuma? A: Agrowisata Batu Kusuma merupakan destinasi wisata yang menawarkan perpaduan pengalaman pertanian dan pariwisata, memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas terkait pertanian sambil menikmati alam sekitar.

Baca Juga :  Malang Night Paradise Wisata Edukatif

Q: Di manakah lokasi Agrowisata Batu Kusuma, dan fasilitas apa saja yang bisa didapatkan pengunjung? A: Agrowisata Batu Kusuma terletak di (lokasi) dan menawarkan fasilitas seperti tur berpemandu, akomodasi, pilihan bersantap, dan ruang rekreasi di tengah tanaman hijau subur dan lanskap pertanian.

Q: Kegiatan apa saja yang ditawarkan di Agrowisata Batu Kusuma? A: Pengunjung dapat berpartisipasi dalam kegiatan seperti memetik buah, memanen sayuran, memberi makan hewan, wisata peternakan, kelas memasak menggunakan produk segar, dan jalan-jalan alam untuk menjelajahi keanekaragaman hayati di dalam lokasi agrowisata.

Q: Apa manfaat edukasi dari mengunjungi Agrowisata Batu Kusuma? A: Mengunjungi Agrowisata Batu Kusuma memberikan pengalaman edukasi dengan memungkinkan pengunjung belajar tentang praktik pertanian berkelanjutan, budidaya berbagai tanaman, dan pentingnya pertanian bagi masyarakat lokal.

Q: Bagaimana mengunjungi Agrowisata Batu Kusuma mendukung keberlanjutan dan komunitas lokal? A: Mengunjungi Agrowisata Batu Kusuma mendukung keberlanjutan dengan mempromosikan praktik ramah lingkungan dan berkontribusi langsung terhadap perekonomian lokal melalui pembelian produk lokal dan keterlibatan dengan masyarakat.

Referensi : 

1.   Kusuma Agrowisata di Batu.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari atourin.com/destination/batu/kusuma-agrowisata 

2.   Kusuma Agrowisata | Kusuma Agrowisata.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari agrowisata.id/ 

3.   Liburan ke Kusuma Agrowisata di Kota Batu, Bisa Beli ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari travel.kompas.com 

4.   Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kusuma Agrowisata di ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari travel.kompas.com 

5.   KUSUMA AGROWISATA (Batu, Indonesia) – Ulasan & ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari www.tripadvisor.co.id 

6.   Info Tempat Wisata Kusuma Agrowisata Petik Apel di Batu ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari www.travelmalang.id 

7.   6 Aktivitas di Kusuma Agrowisata di Kota Batu, Petik Buah ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari travel.kompas.com 

Baca Juga :  Wisata alam Gumuk Reco Sepakung Semarang

8.   Kusuma Agro Wisata (Batu, Indonesia) – Review.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari www.tripadvisor.co.id 

9.   Ulasan Kusuma Agro Wisata, Batu, Indonesia – Tripadvisor.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari www.tripadvisor.co.id 

10.   Kusuma Agrowisata.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari agrowisata.id/?page=rate 

11.   Valuasi Ekonomi Kusuma Agrowisata Kota Batu, Jawa Timur.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/236 

12.   STRATEGI PROMOSI POTENSI DESA UNTUK MENUNJANG ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/1409 

13.   Community based tourism adalah.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari fwpvyqcde.noelbrehemont.fr/ 

14.   Studi evaluasi penerapan Community Based Tourism (CBT ….  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari www.researchgate.net 

15.   Valuasi Ekonomi Kusuma Agrowisata Kota Batu, Jawa Timur.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari www.researchgate.net 

16.   BAB V Deskripsi Kusuma Agrowisata | PDF.  (n.d.)   Diperoleh December 17, 2023, dari id.scribd.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info