Lompat ke konten
Home » Video » Intip Bagaimana Keindahan yang Menawan Wisata Pantai Sawarna

Intip Bagaimana Keindahan yang Menawan Wisata Pantai Sawarna

Wisata Pantai Sawarna (1)

Wisata Pantai Sawarna

Untuk Anda yang ingin wisata bahari yang tidak begitu jauh dari Jakarta dan sekitarnya, Pantai Sawarna bisa menjadi pilihan.

Pantai Sawarna berada di Banten. Pantai ini menawarkan keindahan alam menarik untuk para pengunjung.

Objek wisata alam satu ini cocok untuk wisata bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Sebab pemandangan alam di sekitar wisata ini terlihat romantis.

Selain itu, wisata ini memiliki kawasan yang terbilang luas serta menawarkan banyak wisata yang lain. Tentunya, akan membuat Anda merasakan suasana liburan seru dan menyenangkan.

Wisata Alam Pantai Sawarna yang Penuh dengan Sejarah Masa Lalu

Sebenarnya Pantai Sawarna menjadi tempat wisata menarik dilihat dari sejarah masa lalu.

Pantai Sawarna berada di Desa Sawarna. Berdasarkan  legenda lokal, pantai ini adalah lokasi Jean Louis Van Gogh dimakamkan. Jean Louis Van Gogh merupakan sepupu dari Vincent Van Gogh, seorang pelukis ternama. Selain itu, dulunya Desa Sawarna mempunyai sejarah kelam sebab sempat jadi tempat pembuatan jalur kereta api Saketi Bayah. Di masa pembangunan jalur kereta api, sangat banyak pekerja romusha yang meninggal dan menyebabkan jalur kereta tersebut tak difungsikan lagi.

Walaupun mempunyai sejarah masa lalu yang cukup kelam, pantai ini dapat menjadi destinasi wisata alam yang disukai dan difavoritkan masyarakat Jawa Barat dan juga sekitarnya, termasuk warga Jakarta.

Aktivitas Seru dan Menarik di Wisata Pantai Sawarna

Lalu, saat datang ke objek wisata Pantai Sawarna, apa saja yang bisa dilakukan?

Ada banyak kegiatan seru dan menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke wisata ini, yakni:

Baca Juga :  Bukit Teletubbies Kembang Kuning di tengah kota Cilegon

● Berfoto Selfie

Wisata Pantai Sawarna1
Wisata Pantai Sawarna1

Salah satu kegiatan seru dan menarik di Pantai Sawarna adalah foto selfie. Ada banyak spot berfoto selfie yang dapat didatangi ketika pergi ke wisata ini.

Anda akan dapatkan foto selfie dengan latar belakang pemandangan pantai dan lautan yang menawan dan indah.

● Melihat Pemandangan Menakjubkan Sunset dan Sunrise

Wisata Pantai Sawarna3
Wisata Pantai Sawarna3

Keindahan objek wisata Pantai Sawarna berikutnya berupa pemandangan menawan sunset dan sunrise. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke objek wisata pantai ini hanya untuk melihat keelokan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit.

Pemandangan yang memang indah sekali karena Anda dapat melihat perpaduan cantik warna langit dengan lautan dan juga ombak berkejaran.

● Berenang dan Snorkeling

Wisata Pantai Sawarna2
Wisata Pantai Sawarna2

Ketika pergi ke objek wisata pantai, tentunya aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berenang.

Tak hanya berenang, Anda pun bisa mencoba kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Anda bisa bawa perlengkapan berenang serta perlengkapan snorkeling. Walaupun ada tempat penyewaan khusus, tapi jumlahnya terbatas sekali.

Salah satu kegiatan yang menarik sering dilakukan wisatawan di wisata ini selain snorkeling dan berenang adalah surfing. Ada banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Pantai Sawarna untuk surfing.

Ombak di pantai ini cenderung kecil sampai sedang, sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar surfing. Untuk Anda yang ingin surfing, di sini ada tempat sewa papan selancar. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk membawanya sendiri dari rumah.

● Menjelajah Goa

Wisata Pantai Sawarna goa
Wisata Pantai Sawarna goa

Aktivitas lain yang bisa juga dinikmati saat wisata ke Pantai Sawarna adalah menjelajah goa. Sebab di kawasan Pantai Sawarna terdapat sangat banyak goa yang punya pemandangan eksotis.

Baca Juga :  Berlibur di Pantai Tiga Warna surga tersembunyi Malang

Anda bisa menjelajah goa sekaligus mengabadikannya dengan berfoto. Sejumlah goa yang masuk ke kawasan wisata Pantai Sawarna adalah Goa Seribu Candi, Goa Langir, Goa Harta Karun, dan Goa Kanekes.

Ketika ingin menjelajah gua, Anda disarankan untuk sewa tour guide dari pihak pengelola. Sebab agar Anda tak tersesat ketika berada di dalam goa. Tour guide juga akan bantu Anda untuk ketahui sejarah goa tersebut. Tak hanya dapat berwisata alam, Anda pun bisa juga berwisata edukasi.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Sawarna

Rute perjalanan dapat diambil ke wisata Pantai Sawarna cukup beragam. Untuk rute dari Jakarta, Anda dapat melalui Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna. Selain itu, bisa juga lewat jalur Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna. Lalu, jika Anda melalui jalur Timur, Anda dapat memilih rute Jakarta – Ciawi – Bogor – Cibadak atau Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna.

Jika Anda datang dari Bandung, maka Anda bisa ambil jalur menuju Cianjur – Sukabumi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna.

Harga Tiket dan Estimasi Pengeluaran

Saat wisata, tentunya budget jadi hal selalu dipertimbangkan. Akan tetapi, jika Anda berlibur ke wisata Pantai Sawarna, tak perlu terlalu khawatir dengan masalah budget sebab harga tiket masuk wisata terbilang cukup murah.

Untuk harga tiket masuk wisata pada hari Senin-Jumat hanya sebesar Rp 5.000 saja. Sementara, di hari Sabtu-Minggu, tanggal merah, serta libur nasional, harga tiket masuk wisata adalah sebesar Rp 10.000. Pastinya biaya ini tak termasuk ke dalam tarif parkir kendaraan.

Baca Juga :  Keajaiban Dunia Pantai Pink Pulau Komodo

Untuk tarif parkir kendaraan motor hanya sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk biaya parkir mobil hanya sekitar Rp 10.000.

Itulah informasi singkat tentang wisata Pantai Sawarna yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang instagenic. Apakah Anda tertarik untuk pergi berlibur ke Pantai Sawarna? Selamat liburan!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan