Kamis, 23 Januari 2020

Desa Wisata Kelor : Dulu Kampung Biasa - Sekarang Favorit Wisatawan

Desa Wisata Kelor

Desa Wisata Kelor : Dulu Kampung Biasa - Sekarang Favorit Wisatawan

Menikmati tempat wisata dengan suasana alam yang indah adalah dambaan bagi wisatawan. Nah tempat wisata ini ternyata juga berada di Sleman Jogjakarta lo. Tempat Desa Wisata Kelor adalah jawabannya.

Nah jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata Jogja, jangan lupa ya dengan rekomendasi tempat-tempat wisata ini :

  1. View Instaganic Bendung Kamijoro Jogja
  2. Umbul Ponggok Klaten, Eksotisme Pemandangan Dasar Kolam
  3. View Instagramable Wisata Alam Gunung Beluk Gunungkidul
  4. Panorama Keraton Ratu Boko, Eksotisme Yogyakarta
  5. Sawah Kreasi Sleman, wisata Kreatif menggambar di sawah


Tempat wisata alam indah ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam kota maupun luar kota. Hal itu juga dibuktikan dengan ramainya para pengunjung yang sangat-sangat ingin menikmati liburan dengan nuansa pemandangan alam yang indah.

Desa wisata Kelor salah satunya, menjadi salah satu tempat wisata alam hits di Sleman Jogjakarta yang sering diserbu pengunjung saat musi liburan tiba. Tempat wisata yang berada di kaki gunung Merapi ini pastinya memiliki pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk.

Desa wisata Kelor menawarkan suasana pedesaan, dimana para pendudukan bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan pembudidaya jamur. Disamping menawarkan suasana alam, salah satu keunggulan Desa wisata Kelor ini adalah keramahan para penduduknya menyambut para wisatawan.

Nah, jika kalian tertarik dengan ulasan tentang Desa wisata Kelor. Yuk, simak ulasan tentang Desa wisata Kelor berikut.

Lokasi wisata Desa wisata Kelor


Lokasi wisata Desa wisata Kelor ini terletak di alamat Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kelor, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551.

Lokasi wisata Desa wisata Kelor ini terletak di ketinggian 700 meter diatas permukaan air laut, pastinya memiliki suhu udara yang sejuk ya. Antara 25  – 35° C. kalian akan menjumpai hamparan perkebunan salak yang cukup luas, dan biasanya digunakan untuk camping ground.

Kemudian kalian juga akan melihat aliran sungai yang jernih serta terdapat kolam-kolam ikan milik penduduk/kelompok serta panorama Gunung Merapi dari kejauhan.

Para pengunjung untuk sampai ke lokasi wisata yang indah ini harus menempuh jarak sejauh 10 kilometer dari pusat kota Sleman. Desa wisata Kelor ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, roda empat maupun bus mini selama 30 menit.

Nah, jika topwisata lovers masih belum faham betul lokasi pastinya. Tenang aja mimin akan bagikan lokasi pastinya kok tempat wisata yang indah ini.





Baca juga tempat wisata bagus di Jogjakarta

  1. Pantai Watu Lawang, indahnya sunset Gunungkidul
  2. Wisata Cave Tubing Goa Pindul Gunung Kidul
  3. Mengenal Wisata Edukasi Budaya Candi Prambanan
  4. Wahana Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark


Kemudian lanjut ke Harga tiket dan Jam buka Desa wisata Kelor Sleman

Harga tiket dan Jam buka Desa wisata Kelor Sleman


Harga tiket masuk dan Jam buka Desa wisata Kelor ini adalah gratis ya guys. Jadi kalian bisa havefun bareng di tempat Desa wisata Kelor ini. Gak perlu mikir keluarin duwit banyak-banyak kan guys untuk bisa menikmati fasilitas-fasilitas wisata ini.

Namun ada beberapa paket-paket pilihan yang bisa kalian ambil disini, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

PARAS (PAKET RAME RAME DAN SUKA SUKA)
Trackking, kolam titian, permainan 2P, 1P Sat Blumbang, flying fox estimasi harga Rp 50.000,00

PASAK (PAKET SEMALAM di KELOR)
Trackking, kolam titian, permainan 2P, 1P Sat Blumbang, flying fox  Rp 100.000,00

Kemudian jam buka wisata Desa wisata Kelor Sleman ini mulai pukul 09.00 dan tutup pukul 17.00. Tempat wisata Desa wisata Kelor Sleman ini buka setiap hari ya.

Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya ditempat wisata indah ini Desa wisata Kelor lebih dari 2 jam. Jam kunjungan paling populer ditempat wisata ini antara pukul 09.00 - 12.00 pada hari minggu atau libur sekolah.

Jadi, kalian yang ingin mengeksplorasi tempat wisata Desa wisata Kelor, sebaiknya hindari jam-jam favorit para pengunjung lain ya. Agar kalian juga tidak berdesak-desakan.

Harga tiket masuk Rp 0 alias gratis
Jam buka 09.00 - 17.00
Hari Buka Senin - Minggu
Retribusi Parkir roda 2 Rp 2.000 dan Roda empat Rp 5.000


Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Desa wisata Kelor


Desa wisata Kelor Sleman ini punya beragam pesona alam yang juga lengkap dengan fasilitas-fasilitas wisata menarik.Suasana alam khas Desa wisata Kelor Sleman ini seperti pedesaan tempat-tempat lain, namun dengan kekompakan masyarakat sekitar untuk membangun ekonomi kreatif serta kemandirian akhirnya terwujudlah tempat wisata yang sangat mengagumkan ini.

Para pengunjung yang datang kesini pun merasa sangat senang. Beragam wahana edukasi, permainan, budaya disajikan ditempat wisata ini.

Kehidupan penduduk perdesaan jawa yang berfalsafah “nrimo ing pandum” mampu menarik perhatian pengunjung untuk merasakan bagaimana kehidupan yang bersahaja dan bersahabat dengan alam. Nah, aktifitas apa saja yang bisa kalian lakukan di Desa wisata Kelor.

1. Camping Ground

Berkemah yang menyenangkan di Desa Wisata Kelor

Tempat wisata Desa wisata Kelor ini memberikan ruang bagi para pecinta alam yang datang ke tempat indah ini. Arena perkemahan tersedia untuk para wisatawan yang ingin merasakan suasana asri perdesaan dengan hidup di alam secara langsung. Dikelilingi perkebunan salak yang cukup luas serta pemandangan indah dari kaki gunung merapi.

Sensasi Camping Ground atau berkemah kalian akan menjadi semakin seru. Apalagi kalau kalian berkemah bersama teman-teman atau pasangan. Sembari menikmati keindahan malam, kalian bisa bercanda tawa.

Area Camping Ground Desa Wisata Kelor ini bisa menampung sampai 200 an pengunjung lo, sungguh sangat besar sekali bukan areanya. Makanan sajian warga enak dengan bahan utama daun kelor. Fasilitas kamar mandi juga tersedia dan terawat dengan baik. 

2. Wisata Edukasi

Kalian benar-benar berinteraksi dengan alam di Desa Wisata Kelor

Desa wisata Kelor juga menawarkan beragam fasilitas wisata salah satunya adalah wisata edukasi. Disini para pengunjung akan diajak untuk menyaksikan dan mencoba langsung cara-cara bertani, berkebun serta beternak yang baik.

Sungguh sangat menarik sekali bukan, dan anak-anak pasti akan suka dengan fasilitas wahana wisata ini. Memulai dari bercocok tanam, memelihara tanaman padi sampai memanen kalian akan mendapatkan semua ilmunya disini.

Untuk mendapatkan fasilitas seperti ini, kalian harus terlebih dahulu reservasi atau membuat janji dengan pihak pengelola Desa wisata Kelor. Dengan Telepon: 0813-2595-5550 kalian akan mendapat segalanya di tempat wisata Desa Kelor ini.

3. Area Outbound

Desa Wisata Kelor

Tidak hanya Camping Ground dan juga Wisata Edukasi. Desa wisata Kelor juga masih mempunyai banyak wahana-wahana wisata menarik seperti halnya Area Outbound. Area Outbound ini terletak di pinggiran sungai Gendhol dan memiliki banyak wahana permainan.

Wahana Flying Fox dan Wahana Susur Sungai Gendhol menjadi pilihan yang sangat memacu adrenalin para pengunjung. Petualangan menyusuri sungai tersebut mampu menyatukan pengunjung dengan alam terutama dengan suasana sungai. Pelajaran akan kelestarian alam mampu tertanam di desa wisata ini, memberikan pengunjung perasaan rindu untuk kembali lagi mengunjungi desa wisata ini.

Jalan diatas sungai Gendhol Desa Wisata Kelor
Sungai Gendhol di Desa Kelor ini rata-rata memiliki lebar 5 meter serta kedalaman sungai kurang lebih 1,5 meter. Jadi masih aman deh untuk aktifitas River tracking sungai atau susur sungai. Aktifitas ini menjanjikan pengalaman yang begitu menyenangkan serta menantang.

Susur Sungai Desa Wisata Kelor
Arus sungai Gendhol yang tidak begitu deras membuat tawa canda sepanjang susur sungai terasa sangat mengesankan. Pengalaman berwisata trekking yang menantang dan mengesankan sehingga banyak digandrungi orang. Menyusuri sungai dengan air jernih nan mengalir tenang di Desa Wisata Kelor seolah menjadi menu wajib yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Setelah lelah dengan Area Outbound, kalian juga bisa mampir ke tempat Rumah-rumah joglo di Desa Kelor ini. Karena para penduduk lokal menjajakan makanan khas Sleman yang siap menggoyang perut kalian.

Nasi Pondoh adalah salah satu masakan khas Desa Kelor Sleman. Makanan ini berita nasi putih yang di masak dengan santan sampai padat, kemudian di potong menjadi kotak-kota kecil. Paling enak masakan ini dimakan dengan Tempe Bacem.

Pada masa-masa sulit dahulu, mendapatkan lauk untuk dihidangkan bersama nasi tidaklah mudah. Maka, muncul ide membuat nasi pondoh yang pulen-gurih dan enak dimakan meskipun tanpa lauk sehingga pantas dihidangkan.

Harga paket Outbound Desa Kelor ini ditawarkan dengan beragam fasilitas pilihan menarik seperti :

PARAS (PAKET RAME RAME DAN SUKA SUKA)
Trackking, kolam titian, permainan 2P, 1P Sat Blumbang, flying fox estimasi harga Rp 50.000,00

PASAK (PAKET SEMALAM di KELOR)
Trackking, kolam titian, permainan 2P, 1P Sat Blumbang, flying fox  Rp 100.000,00

4. Homestay Desa Kelor

Beragam pilihan homestay ada di Desa Wisata Kelor

Nah jika kalian ingin berlama-lama ditempat wisata Desa Kelor ini. Bisa nih coba nginep di rumah warga atau Homestay yang nyaman dan tenang. Fasilitas Homestay Desa Kelor Sleman ini juga tidak kalah dengan tempat wisata-wisata hits lainnya.

Kalian akan mendapatkan fasilitas seperti Wifi, kolam renang mini, AC dan sarapan pagi. Harga yang ditawarkan pun beragam ya mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 800.000 per malam.

Bagaimana topwisata lovers, apakah kalian tertarik dengan ulasan ini. Yuk jadwalkan untuk mengunjungi Desa Wisata Kelor Sleman di akhir pekan.


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA



Disqus Comments