Skip to main content

Resep Hidangan Tumis Jamur Kuping Sawi Putih Sederhana

Sinta Rizki Fadila

Tumis Jamur Kuping Sawi Putih



Menu hidangan ini cocok sekali untuk Anda yang ingin hidup sehat namun tetap merasakan sajian menu yang nikmat. Resep resep tumis jamur kuping sawi putih ini bisa disajikan untuk 4 porsi makan dengan kisaran waktu masak selama 25 menit. Jadi proses pembuatannya benar-benar sederhana dan tidak bikin repot.

Supaya hasil masakannya semakin sehat, sebaiknya pilih sawi yang masih segar lembarannya, tidak busuk, dan tidak berair. Selanjutnya cuci bersih menggunakan air mengalir agar kotorannya benar-benar hilang. Selain itu, jangan menumisnya terlalu lama supaya rasa manis alaminya tidak hilang.

Sebagai pelengkapnya, Anda bisa menyajikannya dengan jamur kuping agar teksturnya semakin berasa. Pilih jamur kuping yang warnanya coklat tua kemerahan dengan tekstur kenyal di dalamnya. Untuk membersihkannya, potong bagian bawahnya dan cuci menggunakan air mengalir agar kotorannya hilang.  Selain itu jangan lupa rendam potongan jamurnya ke air supaya teksturnya sedikit lembut.
Selanjutnya untuk meningkatkan cita rasanya agar semakin nikmat, jangan lupa tambahkan minyak wijen di akhir proses masak sesudah kompornya dimatikan. Aromanya akan benar-benar terasa lezat dan dijamin membuat semua orang ketagihan! Lebih lengkapnya silahkan simak resepnya di bawah ini:

Bahan-Bahan

  1. Sawi putih 400 gr yang telah dipotong-potong menjadi 5 cm.
  2. Jamur kuping kering sebanyak 50 gr yang telah direndam ke dalam air, lalu diiris sesuai selera. Supaya lebih lezat, sebaiknya iris tipis-tipis atau kotak-kotak agar rasanya seperti daging.
  3. 100 gram daging sapi sukiyaki yang telah diiris tipis-tipis. Supaya rasa dagingnya bisa bercampur menjadi satu dengan bahan lainnya.
  4. 2 cabai merah yang telah diiris menyerong. 
  5. 3 siung bawang putih yang telah dicincang halus.
  6. 1 sendok teh minyak wijen.
  7. ½ sendok teh gula pasir.
  8. 1 sendok makan bumbu kaldu instan rasa sapi.
  9. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.
  10. 100 ml air.

Cara Membuat Tumis Jamur Kuping Sawi Putih

  1. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan penggorengan, lalu tumis bawang putih sampai aromanya terasa harum dan menggiurkan.
  2. Tambahkan daging sapi, sawi, cabai, bumbu kaldu instan rasa sapi, air, dan jamur sambil diaduk-aduk sampai semuanya tercampur dengan rata dan daging sapinya matang. Karena jika belum rata, nanti akan mempengaruhi cita rasa dari semua bahan-bahan tersebut.
  3. Tunggu sampai sayurnya matang lalu tambahkan minyak wijen dan aduk sebentar, kemudian angkat. Sekarang resep tumis jamur kuping sawi putih siap untuk dihidangkan selagi masih hangat.

Nah itu tadi adalah resep sederhana untuk membuat resep tumis jamur kuping sawi putih yang cocok untuk menyambut weekend. Dengan sajian sederhana ini, maka menu makanan di rumah semakin sehat karena dilengkapi dengan berbagai macam sayuran yang menyehatkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar