Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Masak Oseng Tahu Udang yang Mudah dan Lezat di Rumah

Yuk, Masak Oseng Tahu Udang yang Mudah dan Lezat di Rumah

Oseng Tahu Udang (1)

Resep oseng tahu udang

Masak oseng tahu udang memang praktis untuk dijadikan sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam. Bahan-bahannya mudah didapatkan dari pasar tradisional atau supermarket terdekat. Selain itu, cara memasaknya cukup mudah dipraktikkan. Anda harus mencobanya sekarang juga.

Namun yang paling penting adalah rasa dari masakan ini yang pastinya lezat. Masakan oseng memang sudah menjadi ciri khas kuliner Indonesia. Bumbu oseng yang sederhana dapat dikombinasikan dengan beragai bahan, seperti tahu dan udang. Tahu untuk protein nabati dan udang untuk protein hewani.

Cara menyantapnya dengan nasi putih hangat dan ditemani segelas air putih. Menu tersebut sudah lebih dari cukup untuk mengisi kekosongan perut sekaligus menjaga gizi seimbang tubuh. Apakah Anda ingin memasak oseng tahu udang yang mudah dan lezat? Jika iya, silahkan membaca resep selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 250 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 buah tahu putih
  4. ½ siung bawang bombay diiris tipis
  5. 10 buah cabai hijau besar diiris kecil
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 cm lengkuas digeprek
  8. 2 sendok makan saus tiram
  9. ½ sendok makan garam
  10. ½ sendok makan gula pasir
Baca Juga :  Resep Gulai Ikan Hiu Khas Sumatera Utara, Sajian yang Rasanya Siap Memanjakan Lidahmu

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai merah besar
  4. 5 buah cabai rawit merah
  5. 5 buah cabai merah keriting
  6. 1 buah tomat merah

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap dan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak oseng tahu udang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu udang segar di bawah air mengalir. Buang kepala dan kotorannya. Setelah itu, marinasi udang dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Campur merata dan diamkan selama 10 menit.
  2. Sambil menunggu udang, Anda dapat memotong tahu putih seukuran dadu dan goreng setengah matang saja. Angkat dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan lagi dan ganti minyak gorengnya secukupnya untuk menumis. Setelah panas, masukkan bawang bombay dan tumis hingga layu. Lalu, masukkan bumbu halusnya dan tumis hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, garam, gula pasir, dan saus tiram. Tumis terus hingga bumbu matang.
  4. Beri sedikit air matang dan kecilkan api kompor. Masukkan udang dan aduk merata dengan semua bumbu. Setelah udang berubah warna, masukkan tahu dan irisan cabai hijau. Masak hingga matang.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah rasanya pas, matikan kompor dan masakan siap dihidangkan.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Tuangkan masakan diatasnya dan taburi bawang goreng jika ada. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Gimbal Udang yang Satu Ini Harus Anda Coba Praktikkan di Rumah

Itulah resep oseng tahu udang yang mudah memasaknya dan pastinya enak rasanya. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan