Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Praktikkan Memasak Resep Garang Asem Buncis untuk Lauk Makan Siang Hari Ini

Yuk, Praktikkan Memasak Resep Garang Asem Buncis untuk Lauk Makan Siang Hari Ini

Resep Garang Asem Buncis1

Resep garang asem buncis

Resep garang asem buncis merupakan inovasi di dunia kuliner yang sangat menarik. Bukan hanya dibaca dan diketahui resepnya saja, tetapi juga harus dipraktikkan dengan memasaknya.

Dengan begitu, Anda bisa merasakan sendiri citarasa masakannya. Dimana kuliner garang asem sudah sangat populer terutama di Jawa Tengah.

Ciri khasnya adalah isian daging ayam berkuah dengan rasa gurih asam karena ada belimbing wuluh atau potongan tomat di dalamnya.

Selanjutnya, masakan tersebut dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang. Namun yang sekarang, garang asemnya menggunakan bahan potongan daging sandung lamur yang ditambah potongan buncis. Dijamin rasanya sedap dan lezat.

Lalu, bagaimana resep garang asem buncis yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 400 gram daing sapi sandung lamur/tetelan segar
  2. 250 gram buncis dipotong sekitar 3 cm
  3. 1,5 liter air kaldu rebusan daging
  4. 5 butir bawang putih diiris tipis
  5. 5 siung bawang putih diiris tipis
  6. 2 lembar daun salam
  7.  2 potong lengkuas ukuran 3 cm digeprek
  8. 1 sendok makan asam Jawa diseduh ½ gelas air
  9. 2 sendok makan kecap manis
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Magelangan Khas Jawa yang Rasanya Sudah Sangat Populer

Bahan lainnya yang dipotong

  1. 5 buah tomat hijau
  2. 1 buah tomat merah
  3. 4 buah cabai hijau besar
  4. 4 buah cabai merah besar

Cara memasak garang asem buncis

Setelah semua bahan diatas disiapkan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep garang asem buncis dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging tetelan di bawah air, lalu rebus hingga hingga empuk. Jika memiliki panci presto, Anda bisa menggunakannya agar lebih cepat. Setelah matang dan empuk, angkat serta tiriskan. Setelah agak mendingin, potong-potong daging. Sementara itu, air sisa rebusannya jangan dibuang karena masih digunakan.
  2. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dulu hingga harum dan berwarna kekubingan.
  3. Setelah itu, masukkan bawang merah, daun salam, dan lengkuas. Tumis hingga semuanya layu. Lalu, masukkan cabai merah, cabai hijau, dan buncis. Aduk merata. Matikan kompor.
  4. Selanjutnya, panaskan lagi air kaldu sisa rebusan daging dengan api kompor kecil saja. Setelah itu, itu, masukkan semua tumisan ke dalam air kaldunya, lalu aduk merata. Jika sudah mendidih, masukkan potongan daging tetelannya dan aduk merata.
  5. Masukkan semua tomat dan bumbui dengan garam, gula pasir, kecap manis, dan air asam Jawa yang sudah disiapkan. Aduk merata lagi.
  6. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah sedap dan matang, matikan kompor untuk segera menyajikan masakannya.
  7. Siapkan mangkuk saji ukuran besar untuk plating, lalu tuangkan masakan garang asem buncis yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada agar rasanya lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  20 Ide Resep Bekal anak di Sekolah, Dijamin anak gak Bosan

Beberapa langkah memasak resep garang asem buncis yang diuraikan diatas tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan. Oleh karenanya, Anda bisa mencobanya di rumah untuk menu makan siang keluarga. Selamat mencoba.

Lihat Video Resep Garang Asem Buncis

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info