Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tum Daging Khas Bali Berbahan Daging Cincang untuk Lauk Makan

Resep Tum Daging Khas Bali Berbahan Daging Cincang untuk Lauk Makan

Tum Daging Khas Bali (1)

Resep tum daging

Resep tum daging merupakan masakan khas Bali yang mirip pepes dari Jawa. Persamaannya adalah semua bahan dan bumbu dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Perbedaannya tentu saja pada bahan dan beragam bumbu rempahnya. Anda mungkin sudah pernah mencicipi kuliner ini saat berwisata di Bali dan ingin menyantapnya lagi. Biasanya tum daging dijual di warung atau rumah makan sederhana di Bali.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Dewata hanya untuk menikmati tum daging yang dijamin menggugah selera. Oleh karenanya, silahkan membaca dulu resep tum daging khas Bali berikut yang semoga bermanfaat. Setelah membaca dan memahaminya, segera praktikkan di rumah untuk lauk makan siang atau malam seluruh keluarga.

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging sapi segar
  2. 5 butir bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 3 cm kencur
  5. 1 sendok makan garam
  6. 6 buah cabai merah besar
  7. 4 sendok makan minyak kelapa
  8. 1 sendok teh terasi
  9. Daun pisang secukupnya
  10. Tusuk gigi secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat tum daging khas Bali

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa langsung mempraktikkan resep tum daging dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Giling daging sapi yang sudah disiapkan hingga lembut. Jika tidak ada alatnya, Anda bisa mencincangnya secara manual dengan pisau tajam. Pastikan dagingnya sudah lembut.
  2. Selanjutnya, silahkan iris tipis semua bawang merah dan dua siung bawang putih saja. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  3. Setelah minyak panas, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis setengah matang saja. Angkat dan sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, haluskan sisa bawang putih, kencur, cabai (sisakan beberapa cabai), dan garam. Setelah itu, panaskan minyak lagi dan tumis bumbu halus hingga harum. Angkat dan sisihkan.
  5. Langkah berikutnya, potong kecil sisa cabai alu tumis sebentar dengan terasi. Angkat dan sisihkan dulu.
  6. Siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan semua daging giling. Tambahkan semua bumbu yang sudah disiapkan dan ditumis tadi. Aduk merata dengan tangan saja hingga semuanya tercampur rata.
  7. Siapkan selembar daun pisang, lalu beri adonan daging dua sendok makan. Gulung dan bungkus rapat serta kedua ujungnya sematkan tusuk gigi agar bungkusan tidak lepas.
  8. Lakukan langkah tersebut hingga adonan daging habis. Setelah itu, siapkan panci kukusan lalu kukus semua bungkusan daging tum sekitar 30 menit diatas api kompor sedang hingga matang. Jangan lupa mengecek tingkat kematangan daging tumnya.
  9. Jika sudah matang, matikan kompor dan buka penutup pancinya agar uap air keluar dan tidak begitu panas. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu ambil 1 – 2 bungkusan daging tum yang sudah matang. Buka sematan dan bungkusannya untuk bisa mencicipinya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Resep Nasi Tempong, khas dari Jawa Timur

Setelah mempraktikkan resep tum daging diatas hingga matang, Anda bisa segera mencicipinya dan menyantapnya untuk lauk makan. Jangan lupa mengajak seluruh keluarga Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info