Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Cirebon Memang Benar-Benar Mantul

Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Cirebon Memang Benar-Benar Mantul

Ayam Goreng Serundeng

Resep ayam goreng serundeng

Resep ayam goreng serundeng merupakan kuliner khas Cirebon, Jawa Barat. Serundengnya terbuat dari parutan kelapa yang digoreng garing, sehingga rasa gurihnya sangat terasa.

Sementara untuk ayam gorengnya, terlebhih dulu diungkep dengan bumbu beserta air kelapa muda hingga meresap semua bumbunya. Setelah itu, digoreng hingga permukaannya garing.

Sebenarnya cukup banyak warung atau rumah makan yang menjual ayam goreng serundeng seperti itu.

Namun demikian, tidak ada salahnya Anda memasaknya sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan.

Bahan utamanya adalah daging ayam kampung yang bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket.

Lalu, bagaimana resep ayam goreng serundeng selengkapnya? Berikut uraian selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung segar ukuran sedang
  2. 500 ml air kelapa muda
  3. 300 gram kelapa parut setengah tua
  4. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng ayam

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 sendok makan ketumbar biji
  4. 2 sendok makan gula Jawa
  5. 1 sendok makan garam

Bumbu lainnya yang digunakan

  1. 2 lembar daun salam
  2. 2 cm lengkuas digeprek
  3. 2 sendok makan larutan air asam Jawa
Baca Juga :  Resep Gulai Ceker Pedas, Rasa Gurih Pedasnya Begitu Menggugah Selera

Cara memasak ayam goreng serundeng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam goreng serundeng dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir, lalu potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Setelah itu, rebus ayam kampung sekitar 45 menit dengan menggunakan panci biasa atau dapat merebusnya memakai panci presto sekitar 30 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan larutan air asam Jawa. Aduk merata. Setelah itu, tuangkan air kelapa muda ke dalam wajan.
  4. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan saja. Lalu, masukkan semua potongan ayam kampung ke dalam wajan dan aduk merata lagi. masak dan ungkep ayam hingga benar-benar matang, empuk, dan bumbunya meresap ke dalam dagingnya.
  5. Setelah air kelapanya menyusut dan terlihat agak mengering, matikan kompor. Lalu, angkat dan tiriskan semua potongan ayam kampung. Sementara itu, sisa bumbunya yang masih ada disisihkan untuk dibuat serundeng.
  6. Langkah berikutnya silahkan panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak di dalam wajan sudah panas, barulah masukkan satu per satu ayam ke dalamnya. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah minyak panas, sisa bumbu ungkepan ayam tadi ditumus hingga harum. Setelah itu, masukkan semua kelapa parut yang sudah disiapkan. Masak hingga berwarna kecoklatan, lalu matikan kompor. Angkat dan tiriskan serundengnya.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata ayam goreng yang sudah matang diatasnya. Taburi dengan serundeng diatasnya yang juga sudah matang. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Membuat Mie Aceh, Lezatnya tak Terlupakan

Beberapa langkah memasak resep ayam goreng serundeng khas Cirebon diatas silahkan Anda praktikkan sendiri di rumah. Rasa daging ayam kampungnya yang lezat ditambah serundengnya yang gurih memang benar-benar mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan