Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Tahu Resep Kacang Bawang yang Gurih dan Renyah?

Mau Tahu Resep Kacang Bawang yang Gurih dan Renyah?

Kacang Bawang (1)

Resep kacang bawang

Resep kacang bawang ternyata mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Anda bisa membuat sendiri kacang bawang yang gurih dan renyah untuk dijadikan sajian lebaran di rumah.

Tidak perlu lagi membelinya di luar dengan harga cukup mahal. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran rumah tangga.

Makanan kecil yang satu ini memang menjadi ciri khas berlebaran di kampung halaman. Kacang bawang menjadi makanan wajib yang harus ada di toples saat menjamu tamu yang datang di rumah.

Rasanya yang renyah dan gurih sangat disukai banyak orang. Bahkan, tidak sedikit yang menyimpan stok kacang bawang di rumah sebagai bahan persediaan saat di toples telah habis.

Lalu, bagaimana cara membuatnya yang enak dan renyah? Berikut informasi resep kacang bawang yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 250 gram kacang tanah yang sudah dikupas
  2. 4 siung bawang putih diiris tipis
  3. 3 siung bawang putih dihaluskan
  4. 150 ml santan dari ¼ butir kelapa
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Mie Setan yang Dijamin Lezat

Cara membuat kacang bawang

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep kacang bawang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci ukuran sedang terlebih dulu. Lalu, tuangkan santan, bawang putih yang dihaluskan, garam, dan gula pasir. Nyalakan api kompor sedang dan aduk merata. Masak hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, matikan kompor. Lalu, masukkan kacang tanah ke dalamnya. Aduk merata dan biarkan beberapa waktu hingga santan meresap ke dalam kacang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kacang. Setelah panas, goreng terlebih dulu irisan bawang putih hingga kecoklatan dan harum. Angkat dan tiriskan.
  4. Setelah itu, masukkan kacang ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan dengan api kompor kecil saja. Jangan lupa untuk diaduk agar matangnya merata dan jangan sampai gosong. Setelah matang, angkat semua kacang dan tiriskan. Biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  5. Siapkan wadah baskom, lalu tuangkan kacang yang sudah digoreng matang di atasnya. Campur dengan bawang putih goreng. Kacang bawang siap disajikan dan disantap.
  6. Siapkan toples ukuran sedang sebagai tempatnya. Masukkan semua kacang bawang yang sudah matang ke dalamnya. Jangan lupa ditutup rapat agar kacang tetap renyah dalam waktu lama.
Baca Juga :  Masak Nasi Terlalu Banyak? Yuk Bikin Kerupuk Nasi

Cukup mudah bukan mempraktikkan resep kacang bawang? Rasanya dijamin renyah dan gurih, seperti kacang bawang yang dijual di toko. Silahkan Anda praktekkan sendiri di rumah agar bisa membuat dan menyajikan kacang bawang spesial untuk semua tamu di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan