Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gurame Goreng Tepung ala Restoran yang Dijamin Mantap

Resep Gurame Goreng Tepung ala Restoran yang Dijamin Mantap

Gurame Goreng Tepung

Resep gurame goreng tepung

Resep gurame goreng tepung yang satu ini bisa Anda masak di rumah dengan cara mudah. Ikan gurame sebagai bahan utamanya mudah didapatkan di pasar tradisional terdekat dengan harga masih terjangkau. Kenapa memilih ikan gurame?

Alasannya karena daging ikannya cukup banyak dan tebal. Selain itu, tidak banyak duri di dalam dagingnya. Oleh karenanya, Anda bisa memasak satu ikan gurame goreng tepung ukuran besar bisa untuk lauk satu keluarga.

Sementara untuk bumbunya cukup sederhana dan mungkin sudah ada di dapur Anda. Dengan begitu, Anda bisa segera memasaknya untuk dijadikan lauk makan siang keluarga hari ini. Lalu, bagaimana resep gurame goreng tepung yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan gurame segar ukuran besar berbobot sekitar 500 gram lebih
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 bungkus tepung serbaguna siap pakai
  4. Minyak goreng untuk menggoreng ikan

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm kunyit
  4. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  5. 1 sendok teh kaldu bubuk

Bahan sambal

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 1 buah tomat merah
  5. 1 sendok teh gula Jawa
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
Baca Juga :  Resep Cibay Pedas, Jajanan Khas Jawa Barat yang Rasanya Lezat dan Menyengat

Cara memasak gurame goreng tepung

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep gurame goreng tepung dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan gurame yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang sisik di tubuhnya dan kotoran di dalam perut serta insangnya.
  2. Setelah itu, belah bagian punggung ikan, tetapi jangan sampai putus. Beri perasan jeruk nipis dan jangan lupa dibolak-balik untuk menghilangkan amisnya.
  3. Setelahnya, lumuri dengan bumbu halus di semua tubuh ikan gurame. Diamkan sekitar 20 menit untuk dimarinasi agar bumbunya meresap.
  4. Setelah dimarinasi, taburi ikan gurame dengan tepung serbaguna yang sudah disiapkan. Taburi agak banyak di kedua sisi tubuh ikan hingga terbaluri tepung kering. Diamkan lagi sekitar 10 menit.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan ukuran sedang yang diperkirakan cukup menggoreng ikan gurame tersebut. Beri minyak goreng agak banyak agar bisa menenggelamkan seluruh tubuh ikan.
  6. Setelah minyak panas, masukkan ikan gurame yang sudah dimarinasi dan dibaluri tepung ke dalam wajan. Goreng diatas api kompor sedang saja hingga garing dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibalik dengan hati-hati agar matangnya merata.
  7. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  8. Sambil menunggunya, silahkan Anda membuat sambalnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat.
  9. Tumis hingga setengah matang saja, lalu tuangkan ke dalam cobek. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk, lalu uleg hingga lembut dan tercampur rata.
  10. Siapkan piring saji ceper besar untuk plating, lalu letakkan gurame goreng tepung yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah sambal. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Macaroni And Cheese yang Mudah dan Murah

Setelah membaca uraian diatas, silahkan Anda praktikkan resep gurame goreng tepung di rumah. Sangat cocok menjadi menu lauk makan siang yang mantap.

Lihat video membuat Gurame Goreng Tepung

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan