Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Goreng Bola Daging yang Pasti Mantul Rasanya untuk Lauk Makan

Resep Sambal Goreng Bola Daging yang Pasti Mantul Rasanya untuk Lauk Makan

Sambal Goreng Bola Daging1

Resep sambal goreng bola daging

Resep sambal goreng bola daging menjadi salah satu menu masakan pilihan saat persediaan daging sapi di rumah Anda cukup banyak.

Misalnya, pada momentum perayaan Idul Adha yang mungkin hingga bingung ingin memasak apa lagi untuk daging tersebut.

Tidak perlu bingung karena masih banyak menu masakan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Masakan yang mudah dibuat dengan bahan dan bumbu mudah didapatkan.

Salah satunya adalah sambal goreng bola daging. Biasanya sambal goreng dikombinasikan dengan bahan ati ampela ayam, kentang, atau daging ayam.

Sekarang, sambal gorengnya memakai bahan daging sapi yang dibuat bulat-bulat menyerupai bakso. Lalu, bagaimana resep sambal goreng bola daging selengkapnya? Berikut uraiannya yang harus Anda baca untuk dipraktikkan nanti.

Bahan-bahan

  1. 100 gram daging sapi giling
  2. 1 putih telur ayam
  3. ½ sendok makan tepung kanji
  4. ½ sendok makan bawang putih goreng dihaluskan
  5. ¼ sendok teh merica bubuk
  6. ½ sendok teh garam
  7. 50 ml santan
  8. 25 ml air
  9. 75 gram kentang kecil dikukus hingga matang
  10. 2 buah cabai merah besar diiris serong
  11. 1 lembar daun salam
  12. 2 cm lengkuas digeprek
  13. Kaldu bubuk secukupnya
  14. Air secukupnya untuk merebus adonan
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Bebek Madura, Empuk, Gurih dan Maknyus

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri disangrai
  4. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 1 buah tomat merah
  6. ½ sendok teh terasi
  7. ½ sendok teh garam
  8. ½ sendok teh gula pasir

Cara memasak sambal goreng bola daging

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sambal goreng bola daging dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan dan campurkan ke dalamnya daging sapi giling, tepung kanji, putih telur, bawang putih goreng, merica bubuk, dan garam. Aduk merata dengan tangan saja hingga semua bahan tercampur.
  2. Setelah itu, ambil sekitar 2 sendok makan adonan dan dibuat bulat-bulat seperti bakso. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan habis.
  3. Selanjutnya, rebus air hingga mendidih, lalu masukkan satu per satu bulatan addonan. Setelah adonannya mangapung, segera angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan daun salam dan lengkuas, lalu tumis lagi hingga layu. Setelah itu, masukkan semua bola daging yang sudah direbus sebelumnya. Aduk merata dengan bumbu.
  6. Tambahkan santan, air, kentang yang sudah dikukus, dan irisan cabai. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan hingga tercampur merata.
  7. Bumbui lagi dengan kaldu bubuk secukupnya sambil mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Masak hingga bumbu meresap dan kuahnya menyusut serta sedikit mengental. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan sambal goreng bola daging yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Membuat Makanan Ketoprak Spesial Khas Jakarta

Akhirnya, resep sambal goreng bola daging selesai dimasak dan siap disantap bersama keluarga tercinta dan orang terdekat. Silahkan mencoba resepnya dan semoga berhasil.

Lihat video membuat Sambal Goreng Bola Daging

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan